Dishubkominfo Bangka Tengah Lakukan Bimtek Pengelolaan Website Desa

Pinang Sebatang – Perangkat Desa Pinang Sebatang Kecamatan Simpangkatis Kabupaten Bangka Tengah saat ini sedang berbenah mempersiapkan daerah menuju desa cerdas.

Salah satu langkah persiapan yang dilakukan perangkat Desa Pinang Sebatang menuju desa cerdas dengan melakukan pembuatan sekaligus bimbingan teknis pengelolaan website desa dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Tengah, kamis (27/09/16).

Dalam pembuatan website desa yang diikuti Kades Ruman beserta para perangkat desa mendapat bimbingan teknis untuk pengelolaan data maupun informasi yang akan ditampilkan dalam website Desa Pinang Sebatang.

Program Desa Cerdas tentunya tidak hanya mengembangkan potensi desa, tetapi konsep desa cerdas juga merupakan sebuah konsep untuk menghadirkan program berbasis teknologi digital bagi masyarakat pedesaan.

Desa Cerdas atau Smart Village adalah sebuah program yang memberdayakan potensi sebuah desa agar lebih maju lagi dibandingkan sebelumnya.

Beberapa progam berbasis teknologi yang dapat dilakukan desa seperti program pembuatan website, program SMS Blast, program Call Centre atau transaksi online untuk pembelian/pembayaran tagihan.

Setelah adanya website desa yang beralamat http://pinangsebatang.bangkatengahkab.go.id ini, tentunya perangkat desa nantinya juga harus mempersiapkan program lainnya yang diperlukan seperti pelatihan penggunaan teknologi tepat guna, program penyediaan tim ahli, riset lingkungan, digital tour guide maupun cara bisnis online untuk kemajuan desa.

Dengan upaya program Desa Pinang Sebatang menuju desa cerdas tentunya bertujuan agar program-program tersebut dihadirkan untuk mengedukasi masyarakat dan menumbuhkan potensi desa sehingga banyak orang dari luar kota atau desa lainnya yang akan datang ke Desa Pinang Sebatang.

Untuk mewujudkan program ini, dukungan masyarakat setempat yang juga harus menginginkan konsep desa cerdas terlaksana serta dukungan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam membantu perangkat Desa Pinang Sebatang.

Sumber: 
Kominfo Bangka Tengah
Penulis: 
Agustiar
Bidang Informasi: 
Pemdes