Deklarasi 6 Desa Dalam Peringatan BBGRM XIII di Pinang Sebatang Simpangkatis

Dalam sambutannya Bupati Bangka Tengah H. Erzaldi Rosman, mengatakan gotong royong merupakan salah satu nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, maka peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) wujud dari keperdulian Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk melestarikan nilai-nilai luhur tersebut. Ia berpesan kepada seluruh warga dan yang hadir agar peduli dengan lingkungan sekitar dengan cara gotong-royong.

"Saya berharap agar para kades dan lurah kreatif untuk meningkatkan semangat gotong- royong ini, misalnya dengan mengadakan lomba gotong-royong tingkat RT/RW," ujar Bupati Bangka Tengah.

Bupati juga menambahkan bahwa wujud gotong royong atau kerjasama masyarakat agar peduli terhadap lingkungan sekitar mengarah pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat, peran serta dan kepedulian masyarakat yang aktif dalam pembangunan sangat diperlukan, sehingga tercipta Bangka Tengah yang maju dan sejahtera.

"Semangat gotong royong sangat bagus untuk mempercepat pembangunan. Sebab, nilai-nilai yang terkandung di dalam semangat gotong royong sangatlah penting dalam berkehidupan berbangsa saat ini," kata Bupati Bangka Tengah.

Setelah menyampaikan sambutannya, Bupati beserta Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah Algafry Rahman pada kesempatan tersebut juga melaksanakan pembacaan deklarasi STOP Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang diikuti oleh beberapa perwakilan masyarakat dari 6 desa yaitu Desa Pinang Sebatang dan Desa Simpangkatis Kecamatan Simpangkatis, Desa Kayu Besi Kecamatan Namang, Desa Keretak Atas Kecamatan Sungaiselan, Desa Beluluk dan Desa Air Mesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru.

Selanjutnya dilaksanakan acara penyerahan secara simbolis beberapa sertifikat tanah program nasional Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Bangka Tengah serta beberapa bantuan lainnya kepada masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah.

Bantuan yang diberikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan berupa benih ikan yang diserahkan simbolis kepada Iskandar sebagai Ketua Kelompok Bina Lestari serta bantuan kursi roda dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja untuk 2 (dua) orang masyarakat di Desa Pinang Sebatang Simpangkatis.

Selain penyerahan sertifikat dan bantuan, diserahkan juga pada kesempatan tersebut tropi juara pelaksana terbaik gotong royong se-Kabupaten Bangka Tengah dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) serta piagam penghargaan dari Dinas Kesehatan untuk 3 (tiga) sanitarian atas keberhasilan program STOP BABS yang diterima oleh Jonson Simartnata (Puskesmas Lampur), Anisa Pratani (Puskesmas Pangkalanbaru) dan Veni Hermalianti (Puskesmas Simpangkatis).

Sementara tropi juara tingkat desa yang diperlombakan BPMD Kabupaten Bangka Tengah diperoleh Desa Pinang Sebatang Simpangkatis, Desa Jelutung Namang dan Desa Batu Beriga Lubuk Besar. Untuk tingkat kelurahan diperoleh Kelurahan Koba sebagai juara pertama diikuti Kelurahan Simpang Perlang dan Arung Dalam dari Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah.

Acara peringatan BBGRM XIII di Desa Pinang Sebatang Kecamatan Simpangkatis diakhiri dengan penanaman pohon penghijauan di sekitar lokasi lapangan bola oleh Bupati dan Ketua DPRD beserta tamu undangan yang hadir, kemudian mengunjungi stand-stand produk UMKM dan beberapa pelayanan dari SKPD untuk memeriahkan kegiatan yang berlangsung seperti pelayanan KB, pengobatan gratis, donor darah dan lain-lain.

link : http://bangkatengahkab.go.id/berita/berita-kominfo/2844-deklarasi-6-desa...

Sumber: 
Kominfo Bangka Tengah
Penulis: 
Agustiar
Fotografer: 
Septian
Editor: 
Agustiar
Bidang Informasi: 
Pemdes