Bupati Bangka Tengah Launching Desa Cerdas Pinang Sebatang Simpangkatis

Pinang Sebatang – Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman setelah melaksanakan kegiatan sajadah fajar di Masjid Nurul Imam Pinang Sebatang, meresmikan Desa Pinang Sebatang Kecamatan Simpangkatis sebagai Desa Cerdas, jum’at (21/10/16).

Peresmian Desa Cerdas (Smart Village) yang dilaksanakan di lapangan bola Desa Pinang Sebatang dihadiri juga Wakil Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, Kapolres Bangka Tengah, Sekretaris Daerah Sugianto, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, masyarakat Desa Pinang Sebatang serta tamu undangan lainnya.

Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman mengatakan agar kepala desa (kades) dan perangkat desa dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Launching Desa Cerdas ini merupakan salah satu terobosan untuk menguji perangkat desa agar dapat melayani masyarakat secara langsung.

Dengan adanya konsep desa cerdas, Bupati Bangka Tengah berharap agar desa akan lebih cepat dan tanggap dalam melaksanakan segala urusan dan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Program desa cerdas akan mendorong karakter masyarakat secara efektif untuk meningkatkan pengetahuan melalui pemberdayaan dalam berbagai bidang, sehingga masyarakat akan lebih tanggap terhadap daerahnya masing-masing.

Pada acara ini juga dilakukan launching atau peresmian atas penambahan armada bus di Bangka Tengah sebanyak 10 unit. 8 unit armada bus direncanakan akan diserahkan ke desa agar dikelola BUMDes yang melayani anak sekolah dan umum.

Sementara armada bus lainnya akan digunakan sebagai angkutan pegawai sebanyak 1 unit dan 1 unit khusus anak sekolah.  Adanya bus umum untuk masyarakat saat ini direncanakan akan melayani rute perjalanan menuju berbagai sarana layanan pemerintahan maupun tempat-tempat umum lainnya.

Setelah melakukan pemotongan pita sebagai peresmian armada bus, Bupati dan rombongan meninjau langsung fasilitas dalam bus sekolah tersebut agar keamanan dari siswa dan masyarakat yang menggunakan pelayanan bus tersebut sudah sesuai undang – undang yang berlaku.

Kegiatan-kegiatan lainya yang juga diselenggarakan dalam layanan terpadu Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kali ini, seperti pelayanan wajib belajar, pelayanan PBB, pelayanan perizinan terpadu, pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil, layanan kesehatan serta layanan lainnya.

Sumber: 
Pemdes
Penulis: 
Agustiar
Bidang Informasi: 
Pemdes